Tuesday, 1 November 2016

Hidup Tentang Masa Lalu

Hidup Tentang Masa Lalu
(HTML)


     Hidup adalah tentang masa lalu dan masa depan,manusia tidak ada yang tau bagaimana masa lalu kita dan masa depan kita. Yang ada hanya kita bagaimana mensyukuri dan belajar dari masa lalu kita, untuk menata Masa Depan. Masa lalu adalah hal dimana kita tidak dapat merubahnya,tetapi masa depan hal yang masih bisa kita tentukan dari sebuah masa lalu.



1.
Masa Kecil


    Kita tidak akan pernah bisa memilih kita dilahirkan dari keluarga seperti apa dan bagaimana,dan ktia tidak bisa memilih kapan kita lahir dan kapan kita akan kembali. Belajar bersyukur dari kehidupan yang dijalani tidaklah mudah,banyak hal yang buat kita semakin mengerti apa arti dari sebuah kehidupan. Namaku Ega,ketika aku lahir,aku dilahirkan dari sebuah keluarga yang sangat sederhana. Tapi aku sangat bersyukur,berada ditengah-tengah keluarga yang sangat memperhatikanku. Hari dari aku dilahirkan hingga saat ini,adalah hari yang terindah yang pernah Tuhan kasih. 

    Ketika sekolah dasar,mungkin aku beda dari teman-teman yang lainnya,ketika aku kecil hidupku hanya di isi oleh belajar,dan hanya 10% waktuku yang digunakan untuk bermain. Dari kelas 1 SD-hingga kelas 6 SD aku selalu ranking 1-2,tidak pernah dibawah itu. Pertama kali dapat ranking 1 pertama ga nyangka sama sekali,dan ketika itu aku sedang bermain,tiba-tiba dipanggil oleh papah dengan nada yang sedikit marah "Pulangg,main teruss !!!",haha sontak kaget karena pada saat itu hari libur dan main pun baru ada setengah jam disuruh pulang,mainnya di tetangga sebelah lagi... "liat nilai rapotmu sanaa...",langsung jalan ke meja dan mengambil rapotku.. "kenapa si? nilainya bagus kaya gini kok dimarahin.." sedikit kesal emang,setiap hari belajar tapi rapot bagus masih aja dimarahin.. "selamat yaa,besok naik kelas be

Daun Yang Jatuh

DAUN YANG JATUH




         Judul ini diambil dari sebuah kejadian sederhana,ketika se helai daun yang jatuh dari pohonnya. Daun tidak pernah tau kapan dia akan tertiup angin,tidak pernah tau kapan dia akan jatuh dari sebuah  ranting yang memegangnya dengan erat supaya tidak jatuh,dan tidak tau ketika jatuh dia akan tertiup kemana. 


 1
Erat

        Namaku Ega ,aku lahir dari keluarga yang sederhana,dari sebuah keluaga kecil yang memberikanku kehidupan hingga saat ini. Sejak kecil hingga sekarang usiaku menginjak 20th,aku selalu berpegang erat kepada keluargaku,semua yang aku miliki dan semua yang aku punya adalah pemberian orangtuaku. Tapi tidak mungkin seorang anak laki-laki akan selalu berpegang erat kepada keluarga,ada saatnya anak laki-laki pergi untuk mencari jati dirinya sendiri dan menentukan masa depannya. Pada dasarnya nanti laki-laki lah yang menjadi kepala keluarga.


       Aku memutuskan untuk mulai tidak bergantung kepada keluagaku lagi,aku harus keluar dari zona yang selama ini menjadi hal ternyaman yang pernah aku rasakan. Tapi ternyata hal itu tidak membuatku maju,dan banyak masalah yang harus ku jalani saat ini.  Dan pada ujungnya ketika tujuanku untuk mencari jati diri harus tertunda dan akhirnya kembali lagi berpegang pada keluarga lagi,dan tidak bisa menyelesaikan masalah itu sendiri.
       Seperti halnya sebuah daun yang tertiup angin,dan saat ini daun itu telah jatuh dan terbang tertiup angin yang tidak akan pernah tau akan dibawa kemana.

Wednesday, 26 October 2016

Novel "ADA MATAHARI SEHABIS PELANGI"

ADA MATAHARI SEHABIS PELANGI



Novel ini menceritakan tentang seseorang remaja laki-laki yang sedang dihadapi masalah tentang perasaan yang merubah kehidupannya.

 Judul "ADA MATAHARI SEHABIS PELANGI"

-filosofi kata itu adalah masih ada hal yang lebih indah dari yang terindah.



     Panggilanku Rio,aku duduk di kelas 3 SMA. Sebelumnya aku pernah jatuh cinta sama orang yang lebih dewasa dari aku,dan aku merasa dia yg paling indah dan aku gabisa kalo gaada dia. Singkat cerita,aku kaya di sepelein,ga dianggap,dan itu sakit hehe... setelah beberapa lama terjebak dalam suasana itu,akhirnya aku mulai sadar kalo ada matahari setelah pelangi. Setelah aku merasa tidak ada lagi yang lebih indah,ternyata dari yang terindah masih ada yang indah. Baru 1 bulan aku duduk dibangku kelas 3 SMA,aku mulai jatuh cinta pada seorang perempuan yang beda dari yang lain,ya itu dian namanya. Waktu pulang sekolah di parkiran aku bertemu dengan perempuan itu dan bertanya "hai,kok belum pulang sih yan?",jawab perempuan itu"iya,masih nunggu papa nih belum di jemput". "oh yaudah yuk pulang sama aku aja",sautku.. dimulai dari situ rasa itu semakin muncul dan semakin sulit untuk lepas darinya.. Setiap hari chat dengan basa basi yang kuno,ya karena aku bukan tipe cowo suka ngegombal si ya jadi agak garing hehehe.....
     

     Setelah berteman dan dekat selama 3 bulan akhirnya aku memberanikan diri untuk mengungkapkan rasa yang sebenarnya,tapi pada saat itu ada 1 hal yang membuatku sangat ragu,dia masih milik orang lain. hahahaa... agak sedikit konyol emang,tapi yang namanya perasaan apalagi aku seorang cowo ya berani ga berani harus berani kan haha... ya walaupun pada akhirnya dian itu mutusin cowonya dan disitu aku berasa orang paling bahagia sedunia wkwk... tepat malam minggu,setelah dia pulang gereja,aku jemput,dan aku ajak makan ke tempat ya lumayan romantis lah,walaupun uang pas2an.. "yan,kita mau kemana nih?",jawab dian"emm... kemana yaa ?,terserah kamu aja deh".. jawaban klasik seorang wanita ya -_-.. akhirnya aku ajak deh ke tempat makan,yang aku ceritain tadi klo tempatnya sedikit romantis la wkwk... setelah liat buku menunya,mendadak lupa rencana awal,dan bingung ini uang pas apa engga ya buat bayar... dan di situ cuma ngobrolin hal yg biasa,kaya td di gereja khotbahnya apa,td ngapain aja,ya walaupun Tuhannya sama,tapi cara ibadahnya kita beda jadi ya biar sedikit keliatan anak Tuhan tanya yang begituan wkwk...
     selesai makan,dan bayar dengan uang pas2an,untung masih kembali hehe.. di motor akhirnya memberanikan buat bertanya hehe "yan,kamu si udh mau pcran lg belum? kan belum lama kamu baru putus sama mantanmu".... dan tanggapan dian buat aku kaget "menurutmu gimana?..".. dan disini rasanya kek di gantung gitu.. "pacaran yuk?".. langsung aku tanya gitu biar ga kelamaan wkwk "emm... aku jawab besok yaa".. buset,udah digantung masih disuruh nunggu pula,tp gapapa la kan cuma nunggu besok,ga disuruh taun depan jawabnya haha.... besoknya sekitar jam 10,aku telpon diaa.. "yan,gimana jawabannya".. dian jawab dan suaranya itu semangat bgt "Yaaaaa",seneng bgt ga si dapet jawaban kaya gitu sebagai seorang cowo.. hahaa


Kita jadian tanggal 09 agustus 2016..
           Mulai hari itu semuanya berubah,dlu yang selalu ga dipeduliin sama mantan,sekarang udah ada yang peduli lagi hehe.. dulu yang mungkin cuek sama pacar kalo ada hari yang spesial,dan semuanya seperti aku gapernah nunjukin rasa sayangku ke pacarku yang dulu,mungkin itu alasan kenapa dia bisa jadi cuek.. tapi aku gamau ngulang sikapku yang kaya dulu lagi... tepat seminggu setelah aku jadian sama dian,dia ulangtahun.. buat buktiin klo aku sayang dia,aku buat rencana deh sama mamahnya dian.. "tantee.. ini rio.. besok kan dian ultah.. rio boleh bikin surprise ngga tantee?tapi jam 12 malem.. hehe" agak ngelantur ya ijinnya jam 12 malem wkwk.. tegang ya kan nunggu balesan calon mertua *eh "ya boleh rio,tp jangan pake telor,sama tepung yaa.." ya kali te emang kita mau demo masak wkwk..batinku... rencana yang ditunggu tunggu akhirnya dateng juga.. sepulang sekolah semua disiapin buat kasih surpise ke dian,beli kado sama temen2,sampe nyusun lilin pake botol mineral,ya biar romantis si niatnya... tapi ribet juga kaya begituan wkwk.. demi pacar mah gapapa... udah jam 11 malem aku sama temen-temenku langsung kerumahnya dian,tapi sebelumnya udah kasih kabar dong ke mamahnya,biar ga dikira maling haha..
         Sampe di rumahnya dia,langsung deh itu lilin sama kado disusun biar kaya di film2 gitu.. tepat jam 12 malem aku telpon dia dan suruh keluar rumah.. "yann,kamu lagi ngapain?.. keluar sebentar bisa?".. ga lama kemudian dian keluar begitu buka pintu dia kaget,karena udah banyak lilin,kue ulangtahun,dan kado... dan banyak temen-temennya dia... "yan,selamat ulangtahun yang ke-17 yaa",kataku sambil menatap matanya dia... dengan mata terharu dan bahagia "makasih yaa...." disitu aku langsung merasa kalo sayang itu dibuktiin lewat tindakan ga cuma omongan.. dan dian type orang yang begitu,dan dia bahagia malam itu,,, seneng banget ya liat orang yg kita sayang itu bahagia hehe...


    Beberapa bulan setelah jadian,3 bulan kita monthssary aku ngajak dia dinner... dan ini first time banget ngajakin cewe dinner... haha tapi sehari sebelumnya aku bikin dia mutung dulu,biar lebih ngena wkwk... sepulang latian band,sekitar jam 6 sore.. aku jemput dia dirumahh... "yan,ayok pergi,aku mau ngmng.." dia nolak zz.. "ngmng dirumah aja kan bisa,ngapain harus pergi".. hampir batal tuh rencana ngajak dinnernya hehe.. tapi setelah dibujuk akhirnya dian mau... sampe di cafe tempat yg udah aku pilih,dan viewnya lumayan bagus,aku ajak dia naik ke lantai paling atas..
    "kita mau kemana sih yo" tanya dia "udah yok naik ke atas aja,lebih adem disana"... sampe di lantai paling atas,dia kaget "apaan sih,kamu becanda apa ?"... sautku "weh sensi amat neng,tenang dluu... happy monthssary ya sayaang".. dia meleleh hahaa... "makasih yaa,jd orang nyebelin bgt sih".. sambil makan,aku ngasih satu barang lg yang menurutku itu paling berharga.. yaa,,aku kasih dia cincin.. ya walaupu mgkin cepet bgt yaa,tp udah capek jujur jadi cowo harus pdkt lagi,kenal orang dari awal lagi,kenal keluarganya lagi,adaptasi lagi.. itu proses yang melelahkan menurutku hehe...       "yan,aku kasih cincin ini,aku pengen kasih tau,kalo aku pengen kita jalanin hubungan ini serius,pengen jalanin hubungan ini gaada kata putus,aku janji aku ga bakal ninggalin kamu,walaupun besok kamu ninggalin aku" agak alay yaa ngmgnya hehe... tapi cowo klo udah sayang pasti bakal ngelakuin hal yg sama kok,buat ngejalanin hubungan yang serius...Dan semenjak malam itu,aku ga main-main soal sayang hehe.. karena aku pernah dikecewain dan gamau mengulang lagi..



     Semenjak dinner 3 monthssaryku sama dian,setiap tgl 9 dimana hari jadianku sama dia.. aku selalu kasih sesuatu yang mungkin bakal jadi kenangan nantinya.. Bukan soal aku sok kaya,sok kasih dia barang.. tapi mungkin salah satu cara buat nunjukin kalo aku pengen serius dan nunjukin kalo bener bener sayang dengan cara itu... hehe... Di waktu tanggal 9 yang ke 6 bulan,setengah tahun aku ngejalanin hubunganku sama dian,aku ngajak dinner dia lagii... tapi kali ini,dibuat lebih serius lagii haha.. kali ini romantis deh keliatannya wkwk... aku kasih dia dress buat dia pake waktu dinner... waktu aku jemput dia cantik pake bangettt :)).. "yan,kamu cantik bgt pake dress ini".... "hmmm cantik darimana,ini dress ke kecilan buat aku -___-".. haha ya maklum cowo ga ngerti suruh beli begituan,jd ya yang penting bagus langsung bungkus deh.. alhasil kekecilan wkwk.... disitu aku ngobrol tentang hubunganku sama dian yang udah jalan setengah tahun ini... "yan,kamu nyaman ngga jalanin hubungan sama aku ?.... jawab dian "nyaman-nyaman aja sih".. syukur lah kalo dengernya kaya gitu aku ikut seneng ya kan haha...
   Tapi,setelah aku yakin kalo dia ga akan pergi... Semuanya mulai berubah perlahan.. kita jadi sering berantem gara-gara masalah yang sepele sebenernya... dari yang mulai emosian,sampe gaaada yang mau ngalah.. dan sempet juga dia ngomong "kita putus aja yaa" lebih dari 4x.. tapi selalu aku bujuk buat ga putus.. dan akhirnya kita bisa baikan lagi... Emang di dalam hubungan itu dewasa dalam berpikir emang paling penting yaa hehe...
  

      Sampe akhirnya kita lulus SMA,dan dari situ mulai sedih,karena harus LDR hehe... tapi tetep saling support satu sama yang lain... syukurnya aku udah di terima di satu universitas swasta favorit di jogja,jadi agak tenang hehe.. dibalik ke tenanganku,dian masih belum diterima di universitas yang dia mau,dan terpaksa dia harus kerja dulu,dan coba tahun depan,... "semangat yaa sayang,jangan nyerah,coba lagi tahun depan"...
      Waktu terus berjalan.. dan aku semakin deket sama keluarganya dian.. dan yang paling parah itu ngedeketin papanya diaaa.. kudu sabar tingkat dewa haha... cueknya ga nguatin.. tapi mah selow ajaa.. dan akhirnya bisa la deket,walaupun masih canggung.. kadang kalo main kerumahnya dia,yang ada dipikiranku cuma satu sebenernya haha "semoga mamahnya ada dirumah,ga cuma papanya doang"... kalo dirumah cuma ada papanya doang,mati kutu dah udah gabisa ngapa-ngapain.. ngomong aja gagapp wkwk...
     Apalagi kalo pamit mau pulang,ampun dah harus siap mental wkwk.. "om,pulang dulu yaa".. cuma dijawab.. "YA".. kaya laporan sama komandan tentara ya tegas amat wkwk.. kalo sama mamahnya mah bikin adem "tantee,pulang dulu yaa..",,"iyaa,hati hati yaa.." wah berasa dianggep wkwk... Sampe akhirnya sodaranya dia pada dateng,waktu itu libur lebaran.. first time banget ketemu keluarganya dia lengkap haha.. ya maklum kakaknya dian pada diluar kota,jadi lebaran pada balik.. dan aku yang jemput.. kaku banget,kaya orang pura-pura mati gitu haha... dia kan keturunan chinese jadi ya panggil kakanya "ooh".. ganteng-ganteng lagi,aku mah apaan haha... dan dimobil cuma diem dan tanya pertanyaan standar alias basa basi yang basi haha... "oh,jalan macet ngga ?" pertanyaan bego sebenernya nanya begituan,udah jelas-jelas lebaran ya pasti macet haha.. "macet nih  hampir satu hari dijalan".. ya maklum dari jakarta ke purwokerto emang jauh.. "__"..
   

       Besoknya dapet kabar kalo diajak main ke jogja sama keluarganya dian... ngerasa dianggap banget ga sih,bisa se deket itu sama keluarganya dia,walaupun udah sering berantem sama dian,tapi keluarganya welcome banget... langsung aja deh dijawab "siappp,aku ikut".. Udah sering ke jogja juga,jadi ya sekalian aku ajakin muter-muter jogja deh...
     Setelah ketemu keluarganya dia,hubunganku sama dian bukannya makin lengket,tapi malah semakin jauh... kita makin sering berantem,kata "putus",hampir setiap saat aku denger dari dia.. sedih kalo diliat seberapa jauh perjalanan yang udah di lewatin bareng-bareng,udah se deket itu sama keluarganya dia.. ya walaupun lebih banyak itu semua kesalahanku yang egois,dan gapernah dengerin dia,aku yang tertutup gapernah cerita tentang masalah di kehidupanku...
    Tapi satu hal yang selalu aku inget untuk hubungan ini,pertama kali aku bilang pengen serius dan ga akan pernah ninggalin dian,kata-kata itu selalu ada di hati.. Sampe pada akhirnya ada suatu masalah yang bikin dia jadi semakin jauh dari aku,yang bikin dia semakin kehilangan respect sama aku.. Perjuangan itu gaada yang enak,perjuangan itu gabisa milih,apa akan berakhir bahagia atau sebaliknya.. Setiap hari selalu aku bawa doa,setiap saat aku bilang ke dia "yan,aku serius sama kamu,jangan tinggalin hubungan ini"..


    Apa aku harus mengulang lagi moment dimana aku udah ga dianggap lagi,dengan perjuanganku selama ini aku rasa ini ga adil hehe.. ADA MATAHARI SETELAH PELANGI,itu kata yang sebenernya buat aku saat ini,tapi dengan pengalaman yang dulu,aku gamau mengulanginya lagi... pelangiku sudah lewat,dan sekarang tinggal matahari yang ada di depanku.. perjuangin sinar yang bisa menerangi apapun,yang udah merubah hidupku,yang bisa buat aku lebih peka terhadap keadaan,itu ga gampang... Matahari ada kalanya tenggelam,ada kalanya dia terbit.. aku harap disaat matahari itu tenggelam,masih ada bintang-bintang harapan yang bisa buat kegelapan ini jadi terang,walaupun tak seterang matahari.. setelah adanya pelangi,aku harap matahari itu terbit lagi,dan dian orangnya.